OM Swastyastu,
--- Ya Tuhan, semoga Engkau selalu memberikan perlindungan ---
--- Ya Tuhan, semoga Engkau selalu memberikan perlindungan ---
Siwaratri Suatu hal yang kadang kadang banyak yang salah menanggapi terutama bagi generasi penerus Hindu pada saat ini. Karena menganggap Malam Siwaratri adalah Penebusan Dosa seperti umat lainnya yang kalian ketahui maka timbul suatu pertanyaan dalam diri saya Apakah Siwa Ratri: Malam Peleburan Dosa atau Penyadaran Dosa?.....
Sehingga ini merupakan hal yang menarik buat saya untuk paparkan disini, sebagai penyadaran diri dan renungan diri terhadap generasi kita yang semakin rapuh dan menjauh dari rasa HINDU dalam hatinya. Semoga dari penjelasan yang saya berikan disini dapat memberikan Kebangkitan HINDU bagi generasi penerus Hindu yang akan datang serta bisa menjelaskan hal yang sebenarnya terhadap Hari Siwaratri yang sesungguhnya.
Om Shanti Shanti Shanti Om...
Sehingga ini merupakan hal yang menarik buat saya untuk paparkan disini, sebagai penyadaran diri dan renungan diri terhadap generasi kita yang semakin rapuh dan menjauh dari rasa HINDU dalam hatinya. Semoga dari penjelasan yang saya berikan disini dapat memberikan Kebangkitan HINDU bagi generasi penerus Hindu yang akan datang serta bisa menjelaskan hal yang sebenarnya terhadap Hari Siwaratri yang sesungguhnya.
Pertanyan diatas membuat menggelitik di kalangan warga Hindu bila mereka membandingkan dengan inti kepercayaan agama-agama lain.
Manusia
religius ketika sadar telah melakukan hal-hal yang dilarang agamanya
(berdosa) ingin bertobat dan mencari upaya menenangkan batin dengan
berbuat sesuatu yang dianggapnya dapat menebus dosa dalam pengertian
“menghapus dosa”.
Adakah Hindu membuka peluang bagi mereka?
Karmaphala
adalah hasil subha karma atau perbuatan baik dan asubha karma, yaitu
perbuatan tidak baik, dipandang sebagai srada yang ampuh mengendalikan
perbuatan manusia.
Karmaphala ada tiga jenis jika dilihat dari saat berbuat dan saat menerima hasil perbuatan.
1.
Sancita karmaphala adalah hasil perbuatan di masa lampau (sebelum
reinkarnasi) yang belum habis dijalani di masa itu sehingga menentukan
kehidupan sekarang.
2. Prarabda karmaphala adalah hasil perbuatan di masa hidup sekarang yang habis dijalani sebelum manusia meninggal dunia.
3.
Kriyamana karmaphala adalah hasil perbuatan di masa lalu dan di masa
kini yang belum habis dijalani sehingga menentukan kehidupan di masa
datang (reinkarnasi yang akan datang).
Paham karmaphala ini
menegaskan bahwa dosa tidak dapat ditebus atau dihapus. Oleh karena itu
Hindu mengajarkan agar manusia waspada dan mencegah
perbuatan-perbuatan dosa.
Rambu-rambu untuk menghindarkan manusia berbuat dosa sangat banyak, sangat luas, dan dapat dilakukan oleh siapa saja.
Sumber sastra yang dapat dikumpulkan antara lain:
1. Catur Asrama. Kehidupan manusia dibagi dalam empat tahap, yaitu:
- Brahmacari (masa belajar)
- Grahasta (masa berumah tangga)
- Wanaprasta (masa mensucikan diri)
- Saniyasin (masa menjadi rohaniawan)
2. Pancasrada. Lima keyakinan Hindu:
- Widhi tattwa (percaya pada Ida Sanghyang Widhi Wasa)
- Atma tattwa (percaya pada adanya roh leluhur)
- Karmaphala (percaya pada hukum tentang sebab akibat perbuatan)
- Samsara (percaya pada reinkarnasi/ kelahiran berulang-ulang)
- Moksa (bebas dari ikatan keduniawian)
3. Trikayaparisudha. Tiga kelompok besar yang patut dijaga, yaitu:
- Kayika (perbuatan yang benar: tidak membunuh, tidak mencuri, tidak berzina)
- Wacika (perkataan yang benar: tidak mencaci, tidak berkata keras, tidak memfitnah, tidak ingkar janji)
- Manacika (pikiran yang benar: tidak menginginkan sesuatu yang adharma, tidak berpikir buruk pada orang/ mahluk lain, percaya adanya karmaphala)
4. Caturpurusartha. Empat tujuan hidup:
- Dharma (kebaikan di jalan Ida sanghyang Widhi Wasa)
- Artha (pemenuhan kebutuhan benda-benda duniawi)
- Kama (kenikmatan hidup)
- Moksa (kebebasan abadi)
5. Caturmarga. Empat jalan manusia bersujud ke Ida Sanghyang Widhi Wasa:
- Bhaktimarga (pasrah)
- Karmamarga (kerja)
- Jnanamarga (belajar agar mengetahui kebesaran-Nya)
- Rajamarga (menggelar tapa-brata-yoga-samadi)
6. Yamabrata: Usaha-usaha mengendalikan diri, yaitu:
- Anrsamsa (tidak egois)
- Ksama (memaafkan)
- Satya (jujur)
- Ahimsa (tidak menyakiti)
- Dama (sabar)
- Arjawa (tulus)
- Pritih (welas asih)
- Prasada ( berpikiran suci)
- Madhurya (bermuka manis)
- Mardawa (lemah lembut)
7. Niyamabrata: Janji pada diri sendiri untuk berlaku dharma, yaitu:
- Dana (dermawan)
- Ijya (bersembahyang)
- Tapa (mengekang nafsu jasmani)
- Dhyana (sadar pada kebesaran Ida Sanghyang Widhi Wasa)
- Swadhyaya (belajar)
- Upasthanigraha (mengendalikan nafsu sex)
- Brata (mengekang indria)
- Upawasa (mengendalikan makan/ minum)
- Mona (mengendalikan kata-kata)
- Snana (menjaga kesucian lahir bathin)
8. Sadripu: mengendalikan enam musuh yang ada di diri sendiri:
- Kama (nafsu)
- Lobha (tamak)
- Kroda (marah)
- Mada (mabuk)
- Moha (angkuh)
- Matsarya (dengki irihati)
9. Sadatatayi: menghindari enam kekejaman:
- Agnida (membakar)
- Wisuda (meracun)
- Atharwa (menenung)
- Sastragna (merampok)
- Dratikrama (memperkosa)
- Rajapisuna (memfitnah)
10. Saptatimira: menghindari kemabukan-kemabukan karena
- Surupa (cantik/ tampan)
- Dana (kaya)
- Guna (pandai)
- Kulina (wangsa)
- Yowana (remaja)
- Kasuran (kemenangan)
- Sura (minuman keras)
Bila
manusia terlanjur berbuat dosa, petunjuk-petunjuk yang ada pada
beberapa kitab-kitab/ lontar di bawah ini dapat digunakan sebagai
pegangan:
Kitab Parasara Dharmasastra yang dianggap cocok untuk
zaman kaliyuga sekarang ini, memuat beberapa ketentuan bila seseorang
terlanjur berbuat dosa yang disebabkan antara lain karena:
- Kelahiran dan kematian yang tidak wajar
- Berzina
- Digigit binatang tertentu
- Membunuh
- Mencederai sapi
- Makan makanan terlarang
Ketentuan yang diatur dalam kitab itu hanyalah proses pensucian diri, bukan penebusan dosa.
Lontar Wrhaspati Tattwa menyatakan tiga kegiatan pokok yang perlu dilakukan bila seseorang ingin mencapai kelepasan:
- Jnanabhyudreka: mengetahui semua tattwa Agama.
- Indriyayogamarga: tidak tenggelam dalam kesukaan hawa nafsu.
- Trsnadosaksaya: menghilangkan pahala dari perbuatan baik dan buruk.
Kitab Upanisad Utama, Brahmana ke-15 bagi manusia yang akan meninggal dunia, ucapkan mantram-mantram ini di telinganya:
HIRANMAYENA PATRENA SATYASYAPIHITAM MUKHAM
TAT TVAM, PUSAN, APARNU, SATYA DHARMAYA DRSTAYE
Artinya: wajah kebenaran ditutup oleh piring emas; bukalah ini o Pusan sehingga aku yang mencintai kebenaran bisa melihat.
PUSANN, EKARSE, YAMA, SURYA, PRAJA-PATYA
VYUHA RASMIN SAMUHA TEJAH
YAT TE RUPAM KALYANATAMAM
TAT TE PASYAMI YO SAV ASAU PURUSAS, SO HAM ASMI
Artinya:
Pusan yang tunggal melihat, pengendali, o matahari putra dari
prajapati sebarkanlah sinarmu dan kumpulkanlah sinarmu yang gemerlapan
sehingga aku melihat di-Kau dalam bentukmu yang paling indah.
VAYUR ANILAM AMRTAM ATHEDAM BHASMANTAM SARIRAM
AUM KRTO SMARA, KRTAM SMARA, KRATO SMARA, KRTAM SMARA
Artinya:
semoga hidup ini memasuki nafas yang abadi kemudian semoga tubuh ini
berakhir menjadi abu, o buddhi ingatlah, ingatlah apa yang telah
diperbuat.
AGNE NAYA SUPATHA, RAYE ASMAN, VISVANI, DEVA, VAYUNANI VIDVAN, YUYODHY ASMAJ JUHARANAM ENO, BHUYISTHAM TE NAMAUKTIM VIDHEMA
Artinya:
agni tuntunlah kami pada jalan yang baik kearah kekekalan, o Tuhan
yang mengerti semua perbuatan-perbuatanku, ambilah semua dosa dariku,
kami akan menghadap-Mu.
Lontar Siwaratrikalpa karangan Mpu
Tanakung yang diilhami oleh Purana-purana sanskerta: Padma, Siwa,
Skanda, dan Garuda, menokohkan Lubdhaka sebagai orang yang sadar pada
dosa-dosanya di masa lalu.
Kemudian di hari Siwaratri (panglong
ping 14 tileming kapitu) tanpa sengaja ia membangun
tapa-brata-yoga-samadi, dianggap sebagai langkah kesadaran dharma karena
membangun tapa-brata-yoga-samadi bersamaan dengan waktu Bethara Siwa
beryoga samadi untuk kesejahteraan jagat raya beserta isinya.
Setelah
Siwaratri, Lubdhaka tidak pernah lagi melakukan perbuatan-perbuatan
adharma. Ketika Lubdhaka meninggal dunia, kesadaran dharmanya dinilai
positif oleh Bethara Yama sehingga Lubdhaka masuk sorga. Manusia Hindu
diharap meniru apa yang dilakukan Lubdhaka.
KESIMPULAN
Dosa
tidak dapat ditebus atau dihapus, namun dosa atau perbuatan adharma
dapat diimbangi dengan perbuatan dharma sehingga diharapkan terjadi
keseimbangan yang relatif lebih mengunggulkan dharma.
Diibaratkan
dosa itu bagai sinar matahari yang terik, bila berhembus angin rasa
panasnya akan berkurang. Angin itu ibarat perbuatan-perbuatan dharma.
Sarasamuscaya sloka ke-16:
YATHADITYAH SAMUDYAN WAI TAMAH, SARWWAM WYAPOHATI, EWAM KALYANAMATISTAM SARWWA, PAPAM WYAPOHATI
Laksana
sifat surya, begitu terbit melenyapkan gelapnya dunia, demikianlah
orang yang mengusahakan dharma akan menghilangkan segala macam
penderitaan.
JAUHKAN PERBUATAN-PERBUATAN ADHARMA DAN BERBUATLAH DHARMA SEBANYAK-BANYAKNYA!
Semoga paparan penjelasan diatas dapat membuka hati dan pikiran kita sebagai generasi Hindu yang akan datang...Semoga bermanfaat.
Semoga paparan penjelasan diatas dapat membuka hati dan pikiran kita sebagai generasi Hindu yang akan datang...Semoga bermanfaat.
Om Shanti Shanti Shanti Om...
Sumber : http://stitidharma.org/dapatkah-dosa-ditebus-dengan-siwaratri/
mantap mantap
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletetpi oknum oknum ktika ada org mati
ReplyDeletemalah mereka minum dan judi didekat org yg mati